Cari Blog Ini

Iseng-iseng Survey Pasar

Sore lagi kepingin lihat-lihat baterai apa aja sih yang dipajang di toko-toko accesories di Roxy. Coba masuk ke salah satu toko yang jual baterai lengkap juga. Iseng-iseng nanya ke penjaga nya, "Ada baterai buat SE yang tipe baterai nya EP-500?.
Lalu penjaga toko nya langsung jawab "Ada!!!", dalam hati, "wah lengkap juga nih toko, EP-500 itu baterai susah dicari", Lalu saya tanya harganya berapa?
Dijawab "75ribu original". Hah 75.000 original!....penasaran juga,.....lalu saya tawar, hingga akhir nya jadi harga Rp. 70.000,-, baterai jadi dibeli.
Sampai ditoko, langsung dibuka bungkusnya.

Ditimang-timang....kok lebih enteng dari yang saya jual....jadi penasaran, langsung saya buka sticker labelnya, ada plat pembungkusnya lagi, agak susah dibuka juga.
Setelah terbuka semua.

Ternyata isi baterai tidak penuh. Jadi sudah pasti kapasitas jauh dibawah originalnya, padahal dilabel tercetak 1200mAh sama dengan kapasitas original, tapi melihat isi nya cuma segitu saya yakin tidak sampai 1200mAh
Inti baterai buram, pengalaman saya selama jualan baterai, inti baterai yang berkualitas biasanya mengkilap bersih, dan bisa dipakai sampai 1-2tahun bahkan 3tahun jika kualitas nya bagus. Tapi kalau yang buram cuma 3-6 bulan saja.

Pada terminal baterai ada IC protection-nya, tapi sayang tidak didukung inti baterai yang bekualitas dan sudah pasti kapasitasnya kecil juga, padahal baterai ini untuk menghidupkan hp android yang cukup rakus makan dayanya.

http://bit.ly/ep500-ori

Penasaran dengan kapasitas baterai, akhirnya saya coba tes di mesin battery analyzer milik kami, setealah 35menit, alarm berbunyi, cepat amat selesai.

Ternyata mesin menunjukan tes gagal karena kapasitas baterai dibawah 400mAh, di display tampil 191mAh, jadi kapasitas baterai itu cuma 191mAh!!!!
Wah parah....kalau dipasang di hp dengan LCD nyala (anggaplah hp sedang di pakai) perkiraan 200mA, maka bisa di hitung kekuatan baterai itu 191mAh/200mA=0,9h(jam) atau tidak sampai 1jam!!!