Cari Blog Ini

HATI-HATI...baterai kualitas rendah!!!!

Jika anda ingin membeli baterai HP China, sebaiknya berhati-hati, karena banyak beredar baterai-baterai yang dikemas bagus dan harga yang murah sekitar dibawah Rp 35.000,-/pc.



Ciri-cirinya:
Baterai dikemas dengan packingan karton.
Isi baterai lebih kecil(plastik pengganjalnya besar), buram, dan ringan. Jadi kapasitas baterai rendah, jika dipakai lebih cepat habis atau tidak tahan lama. Dan umur pemakaian baterai cuma sekitar 3bulan saja, setelah itu baterai jadi tidak bisa menampung daya lagi (sebentar-bentar dicharge melulu)
Baterai yang bagus, isi baterainya besar(dengan plastik ganjalan kecil, malah tidak ada) dan mengkilap. Jadi kapasitas lebih besar, dan umur baterai bisa lebih 1 tahun. (jika pemakaian dan pengisian yang benar)




Contoh Rangkaian Pelindung Baterai (IC Protection Battery)

Tidak ada Rangkaian Pelindung/IC Protection, baterai tanpa rangkaian pelindung sangat berbahaya, karena jika koslet/terhubung singkat bisa langsung terbakar!....bisa dilihat video ini.
Terhubung singkat bisa terjadi misalnya : baterai disaku baju/celana yang ada uang logam, kunci, dan lain-lain yang mengandung logam, dapat membuat konektor baterai terhubung singkat dan terbakar dikantong celana!!! Atau baterai diletakan diatas logam (penggaris besi, list aluminium etalase, dll)
Rangkaian pelindung berfungsi untuk mencegah baterai terbakar karena koslet (Short Circuit Protection), pengisian berlebih (Over Charge Protection)

Tes Kapasitas Baterai
Untuk pengetesan kami memakai perangkat Battery Analyzer merek BATNALYZER (lihat gambar no. 1), dan baterai sample kami beli dari toko di ITC Roxy Mas.

Baterai iPhone China W628 kami pasang diperangkat tes.
Setelah terpasang, dan alat tes dinyalakan, indikator "SCPT" di display berkedip, menandakan Sort Circuit Protection gagal, jadi baterai akan terbakar jika koslet.
Proses pengetesan perangkat ini, pertama-tama baterai diisi sampai penuh, setelah penuh baterai dikosongkan dengan arus yang ditentukan, untuk tes kali ini kami pakai setelan arus yang paling rendah, 400mA. Lama pengosongan batari diukur untuk menghitung kapasitas baterai. setelah 65menit (lihat gambar 2) tegangan bateri sudah 3,11V (lihat gambar 3), ini adalah tegangan terendah untuk mengoperasikan HP.
Proses pengetesaan berhenti dan indikator "NOT PASS" berkedip menandakan proses pengetesan tidak selesai karena tegangan sudah terlalu rendah pada kapasitas 198mAh (lihat gambar 4). Indikator "OCPT" dan "ODPT" berkedip, menandakan Over Charge Protection dan Over Discharge Protection GAGAL, batarai akan mudah gembung kalau di charge kelamaan.
Kesimpulan dari tes ini :
Baterai cuma punya kapasitas terpakai 198mAh saja!!! (di label baterai tercantum 1800mAh)
Baterai akan tebakar/putus jika koslet.
Baterai mudah gembung jika kelamaan di charge.

Kami juga mengetes baterai lainnya, dan semua "NOT PASS" dengan kapasitas yang terukur :
i68 = 302mAh
i9++ = 299mAh
PK168 = 324mAh
T2000 = 379mAh
(Pengetesan tanggal 4/2/2011)
Sedangkan baterai yang kami jual,
Tes SCPT, OCPT dan ODPT lulus.
i68 = 913mAh
i9++ = 860mAh
W628 = 689mAh
PK168 = 953mAh
T2000 = 829mAh

Bisa dilihat perbedaan nya, jadi hati-hati dengan penampilan yang sama.