Cari Blog Ini

Kapasitas Baterai yang sebenarnya

Jika membeli baterai untuk HP China, jangan terkecoh dengan kapasitas yang tercantum dalam label baterai, karena kapasitas yang tercantum tidak dapat dipercaya, kecuali baterai dari merek-merek terkenal seperti Nokia, Sonny Ericsson, Samsung dll.( Itu untuk baterai yang original nya)


Contoh :
Label yang tercantum 6800mAh sedangkan isi baterai yang ukuran 2000mA ada sebelahnya, kalau ukuran baterai sebenarnya 6800mAh  berarti 3 kali baterai yang disebelah nya!
Jadi jangan terkecoh dengan angka yang tercantum dilabel, dan perhatihan isi baterai nya, kadang-kadang isi baterai kecil dan banyak ganjalan, tapi label di depan tecantum besar sekali.
Perhatikan isi baterai nya sebagai acuan bisa kita bayangkan kalau baterai Nokia BL-5C yang original saja kapasitas nya 1100mAh, untuk membandingkan dengan baterai yang kita beli.

Berapa lama baterai bisa bertahan?

Kami sering ditanya oleh customer kami, pertanyaan seperti diatas. Untuk menjawabnya kami perlu mengukur arus pemakaian dari HP teresebut.
Setelah diukur baru kami bisa hitung.

Misal nya :
Pada kondisi LCD menyalah arus pemakaian nya 180mA, dan pada kondisi LCD padam arus turun menjadi dibawah 50mA.
Kalau kapasitas baterai misalnya 1000mAh, maka lama waktu LCD menyala terus menerus adalah 1000mAh/180mA = sekitar 5,5jam dan dalam kondisi LCD pada adalah 1000mAh/50mA = 20jam
Jadi perkiraan ketahanan baterai (standby)antara 5,5 - 20jam, perhitungan ini diluar HP yang sedang online, mendengarkan MP3, nonton TV, karena pada kondisi tersebut arus pemakaian bisa naik lebih besar lagi.


Bagaimana cara mengukur kapasitas baterai?
Untuk mengukur kapasitas baterai diperlukan alat untuk mengukur kapasitas baterai, yang disebut BATTERY ANALYZER.

Cara kerja nya:
Baterai di isi / charge sampai mencapai tegangan penuh 4,2Volt, setelah penuh baterai di"kosong" kan, waktu pengosongan diukur arus nya dan lamanya sampai mencapai tegangan 3,1volt dimana pada tegangan tersebut Hendphone sudah tidak dapat dinyalakan lagi.
Dari besar arus pengososngan dan lama nya di dapat kapasitas baterai.
Atau dengan rumus = besar arus (mA) x lama waktu (H).
Dengan Battery Analyzer, kapasitas langsung dihitung, sehingga di display langsung ditampilkan besar kapasitas.
Proses nya membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa sekitar 3-6 jam, tergantung ukuran baterainya.