Pertanyaan yang Sering ditanyakan masalah Baterai Double Power

http://bit.ly/faq-tes
#BateraiDoublePower

1. Gan, jadi baterai doubel power yg rekomen merek apa?

Baterai double power dalam arti sebenar nya (kapasaitas yg 2x dari ori) tidak ada, selama ukuran, berat nya, dan bahan nya (lithium ion) sama. Alasan ilmiah nya bisa dibaca di http://bit.ly/kap-berat
Untuk memilih baterai bisa baca ini gan http://bit.ly/tips-batt 

2. Masa nggak ada gan? kan banyak beredar merek2 double power yg mAh nya lebih dari 2000mAh?

Kapasitas yang tercantum di merek2 tsb tidak menjamin kapasitas sebanar nya, alasan ilmiah nya sudah dijelaskan diatas. Secara logika, Samsung dan brand lain kalau sudah bisa buat dengan kapasitas segitu tinggi mereka pasti buat, mencantumkan kapasitas tidak sesuai, dapat di tuntut dan bisa menjatuhkan nama baik mereka.
Lalu kapasitas yang tercantum di label merek2 double power apa ada yang menjamin? apa ada setifikat seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) yang menjamin kapasitas di lebel?....TIDAK ADA.
Para importir cuma mencantumkan lebel dengan kapasitas besar dan embel-embel "Double Power" cuma untuk menarik minat pembeli saja.


3. Tapi dulu saya pernah pakai, untuk penggunaan dalam waktu dan aktifitas sama, bisa selisih 2-3 jam aktif

selisih lama bisa disebab kan sinyal lagi bagus, atau baterai lebih tebal sedikit, patokan lama pemakaian nggak bisa dipakai utk mengukur kapasitas, karena banyak faktor yang mempengaruhi misal nya: kecerah layar, kondisi sinyal, pada saat tertentu android sedang update aplikasi atau sedang synchron aplikasi seperti Facebook, twitter, Whatsapp, BBM dll.

4. Jadi baterai Double Power jelek dong.....begitu gan?

Baterai double power tidak jelek, silahkan lihat hasil tes nya di http://bit.ly/tes-dp, rata-rata kapasitas  mendekati baterai original nya, sudah cukup bagus dengan harga terjangkau, cuma jangan berharap banyak dengan kapasitas yang tercantum di label nya saja.


5. Sudah pernah tes baterai double power merek <...bla..bla...bal..> ?

Baterai yang sudah pernah di tes bisa dilihat di http://bit.ly/tes-dp
Kalo nggak ada berarti belum pernah, karena baterai nya belum punya, kalo agan punya baterai nya yang penting baru dan mau di tes silahkan kirim ke tempat saya, selesai tes nanti saya kembalikan (baterai masih bisa dipakai tanpa ada penurunan kapasitas dan kualitas), Gratis, asal jangan banyak2 ya ;)...jangan lupa menyisipkan ongkos kirim balik nya yah gan ;)


6. Masih bagusan baterai original dong....?

Original bawaan dari hp nya langsung YA betul bagus, tapi original dari toko belum tentu, silahkan lihat hasil tes nya di http://bit.ly/tes-dp original 100% versi toko pun nggak menjamin kapasitas nya mendekati yang di label, masalah penampilan dan packing memang bisa sama dengan original bawaan hp (termasuk hologram nya), tapi kapasitas belum tentu, contoh nya lihat ini. Belilah baterai original di dealer resmi atau service center nya, memang harga lebih mahal


7. Merek apa gan yang kapasitas nya bisa diatas ori atau minimal sama lah?

Setiap merek tidak menjamin kapasitas nya untuk setiap jenis baterai nya bagus diatas ori, karena tergantung dari produsen/importir nya dalam memilih kualitas baterainya (kalo ada QC yang selalu me-monitor baterai )
Berdasarkan hasil tes yang sudah merek tertentu dengan jenis2 baterai nya teranyata ada yang bagus ada pula yang dibawah original.

8. Batre double power pertama kali dipake harus di cas 8jam dulu gan .....?

Baterai jaman sekarang sudah Lithium Ion nggak perlu di Charge lama pertama kali pake, itu cuma kebiasaan lama waktu baterai masih NiMh atau NiCD, penjelasan detail bisa baca ini (Ponsel Baru Harus Di-charge 8 Jam, Mitos atau Fakta? )

9. Jadi harus berapa jam gan....?

Lihat indikator di hp nya saja , kalo sudah penuh cabut charger nya, itulah fungsi indikator baterai di hp bukan jam untuk menentukan berapa lama penuh nya, karena waktu (jam) tergantung dari kondisi awal baterai sewaktu di charge dan kapasitas baterai nya berbeda-beda, makin kosong, makin lama, makin besar kapasitas baterai, makin lama charge nya

Artikel tentang Charger dan cara pengecharge-an yang benar bisa baca sini gan ... http://bit.ly/charger-problem

10. Gan, hp saya koq jadi panas yah pake baterai double power....?

Panas di hp android bukan disebab kan oleh baterai, baik itu baterai double power atau baterai orignal,
penyebab nya :
Aplikasi Yang Digunakan
Ketersediaan Jaringan
Suhu ruangan di Area Sekitarnya
Aktifitas seperti chatting,sms,dan bermain game
Umur baterai karena sering di charge
Detail penjelasanan bisa dibaca di sini http://goo.gl/jO80YN

11. Apa baterai2 double power tsb aman dipakai gan?

Aman dipakai, karena baterai tsb sudah ada IC Protection nya, jadi kalaupun koslet atau over charge baterai akan aman tidak terbakar


12. Katanya Baterai Double Power dapat merusak handphone....betul nggak gan?

Baterai double power itu sama seperti baterai bawaan hp, bahannya sama lithium ion, ada ic protection, dengan tegangan opersional nya 3,7 s/d 4,2 volt, cuma di label nya saja yang di "double" in mAh nya.
Jadi tidak merusak hp selama pemakian nya benar.


13. Baterai double power cepet rusak ya gan?

Isi baterai baterai double power berbahan lithium ion, dan umur baterai lithium ion adalah 500-1000x siklus penge-charge-an. Jadi umur nya baterai tergantung cara kita nge-charge, kalo kita sering2 nge-charge belum habis masih diatas 50% sudah di charge, sehari bisa 2-3x charge, kalo setahun ada 365 hari berarti tidak sampai setahun sudah turun kapasitas nya.
Dan baterai berbahan lithium ion (termasuk yang original) tidak tahan panas, jika dipakai suhu hp dan baterai diatas 40°C terus menerus akan terjadi gas di dalam beterai, akhir nya jadi gembung. Baterai gembung sudah turun kapasitas nya dan dapat merusak tutup baterai, menekan LCD dan jika terus dibiarkan panasnya, bisa meledak
Jadi berhenti lah, matikan aplikasi supaya suhu turun, jika masih panas juga, matikan hp dan lepaskan baterai, tunggu sampai suhu normal kembali baru pasang kembali.


14. Ketahanan baterai double power berapa lama sih gan kalo dipake? (maksud nya bisa tahan berapa lama dalam pemakaian)

Kapasitas baterai double power tidak beda jauh dengan baterai original, malah ada yang di bawahnya. jadi berapa lama ketahanan nya, sama seperti baterai original nya, bahkan ada yang kurang.
Ketahanan bergantung dari kecerahan layar, aplikasi yang berjalan di belakang, makin banyak aplikasi yang berjalan makin cepat habis baterai nya, dan sinyal hp, semakin lemah sinyal diterima, hp jadi cepat panas, dan baterai juga cepat habis

15. Gan....minta tolong, baterai double power saya nggak bisa di "cas", kemaren pake sampai habis nggak keburu di cas, tadi pagi baru mau cas, nggak bisa...

Tenang saja....coba baca cara mengatasi nya di sini http://bit.ly/not-chg

16. Cara kerja mesin tes nya gimana sih gan...?

Baterai diisi (diCharger) sampai penuh sekitar 4,25volt , lalu dikosongankan dengan arus yang constan sekitar 400mA dan dihitung waktu nya sampai mencapai tengan 2,75volt dimana pada kondisi tsb baterai sudah habis dan tidak bisa menyalakan hp lagi. lama nya waktu pengosongan nanti di hitung oleh mesin dengan rumus kapasiatas mAh = besar nya arus pengosongan(mA) x lama nya waktu dalam satuan jam (H) Di mesin tes langsung ditampilkan total kapasitas nya, lama nya proses pengisian( di charge) sampai pengosongan cukup lama sekitar 3-6 jam tergantung kapasitas baterai nya, makin besar makin lama. Bisa dipercepat dengan di setel arus pengosongan yang lebih besar sampai 800-1000mA, tapi baterai jadi panas dan hasil pengukuran kurang akurat


17. Beli mesin tes nya dimana gan? Harga berapa?

Beli di China (Guangzhou atau di Senzhen) lewat ebay.com , disini (maksudnya di Indonesia) belum ada yang jual.
Harga sekitar Rp. 4jutaan, beli tahun 2010 kurs nya masih sekitar 1Yuan = Rp. 1400,-
yang warna kuning lebih murah beli lewat ebay.com sekitar Rp. 1juta udah sampai jakarta (kurs 1US$ = Rp. 9800)


18. Mungkin nggak gan baterai dengan kapasitas benar benar double ada?

Mungkin saja, setelah para ahli2 kimia menemukan zat yang mempunyai kerapatan energinya lebih tinggi dari Lithium ion suatu saat nanti, ....dan sudah pasti merek besar seperti Samsung, Panasonic, Sanyo dll akan membuat baterai nya juga.